cari tikar lamit rotan disini aja!!

HARGA: JUAL TIKAR LAMPIT ROTAN (SABURINA)

tikar lampit rotan di tangerang
tikar lampit rotan di tangerang

___________________________________________________
Ukuran sajadah solat : Harga Rp 110.000,-
100 X 200 cm (Berat 2 Kg) Harga Rp 210.000,-
140 X 200 cm (Berat 3 Kg) Harga Rp 250.000,-
176 X 200 cm (Berat 5 Kg) Harga Rp 290.000,-
176 X 250 cm (Berat 5 Kg) Harga Rp 320.000,-
200 X 200 cm (Berat 6 Kg) Harga Rp 310.000,-
200 X 250 cm (Berat 6 Kg) Harga Rp 350.000,-
200 X 300 cm (Berat 6 Kg) Harga Rp 390.000,-
___________________________________________________
Catatan :
* Barang DIKIRIM LANGSUNG dari DKI jakarta – jakarta timur, rawamangun.
* Untuk wilayah jabodetabek bisa menggunakan gojek / COD ongkir ditanggung buyer.
* Untuk kota lainnya, info biaya pengiriman bisa hubungi kami.

Hub
Mustika Jaya Rotan
Website : mustikarotan.com
0857.1119.0250
Jazaakumullahu khairan katshiraa

 

Manfaat kerajinan tikar lampit rotan kalimantan Secara Tidak Langsung

Peranan kerajinan tikar lampit rotan kalimantan secara tidak langsung yang bisa diberikan ialah peranan dan kontribusinya meningkatkan penbisaan penduduk, perannya dalam membentuk budaya penduduk, ekonomi dan sosial.

Manfaat kerajinan tikar lampit rotan kalimantan Secara Tidak Langsung

1. Membentuk Budaya penduduk
Manfaat kerajinan tikar lampit rotan kalimantan secara tidak langsung yang menyentuh kehidupan budaya penduduk Kalimantan tercermin pada perkembangan daya kreasi berbagai bentuk turunan kreasi kerajinan tikar lampit rotan kalimantan. Misalnya, kreasi dalam pembuatan dinner set, kursi santai lipat, penutup jendela dan sebagainya. Desain bentuk kerajinan tikar lampit rotan kalimantan pada awalnya sangat sederhana, hanya berupa kerajinan tikar. tapi, kini kreasi kerajinan tikar lampit rotan kalimantan berkembang sangat maju.

Meluasnya pemanfaatan dan perdagangan kerajinan tikar lampit rotan kalimantan juga menimbulkan budaya untuk menghargai tanaman rotan yang menjadi bahan baku kerajinan tikar lampit rotan kalimantan. Penghargaan dan perhatian yang begitu besar terhadap rotan ditunjukan dengan dilakukannya pembudidayaan rotan oleh penduduk di berbagai daerah di Indonesia sejak abad XVIII.
Upaya melakukan pembudidayaan rotan tersebut merupakan suatu prestasi yang luar biasa, meskipun penduduk saat itu tidak sebanyak saat ini dan kebutuhan rotan tidak sebesar saat ini. tapi, rasa tanggu jawab san rasa ketakutan akan punahnya rotan akibat pemanfaatan rotan sevara terus menerus telah muncul sejak lama. Hal ini menunjukan bahwa budaya penduduk untuk menjaga kestabilan dan kelestarian lingkungan untuk tumbuh dan berkembang sejak dahulu kala.
Sikap menghargai dan menjamin kelestarian rotan tidak saja ditunjukan dalam upaya pembudidayaan saja, tapi juga ditunjukam dengan diterbitkannya peraturan yang melarang pemungutan rotan yang masih muda.

2. Sumber Mata Pencaharian penduduk
Manfaat kerajinan tikar lampit rotan kalimantan yang penting secara tidak langsung ialah sebagai sumber mata pencaharian, penyerapan tenaga kerja dan perluasan tenaga kerja. Kontribusi yang diberikan industri kerajinan tikar lampit rotan kalimantan memiliki mata rantai yang cukup panjang mulai dari kegiatan pemungutan rotan sampai menjadi kerajinan tikar lampit rotan kalimantan dan dipasarkan ke pembeli. Pemberian kesempatan kerja di sektor jasa transportasi dan usaha pemasaran kerajinan tikar lampit rotan kalimantan juga termasuk sumbangsih manfaat secara tidak lagsung.
kerajinan tikar lampit rotan kalimantan handmade/tradisional juga merupakan sumber mata pencarian utama dan juga penbisaan sampingan untuk penduduk Amuntai Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan yang merupak sentral kerajinan tikar lampit rotan kalimantan untuk biaya penghidupan keluarga. Usaha rumahan turun temurun ini banyak membuka lapangan pekerjaan untuk warga Amuntai sendiri.

3. Sumber Devisa negara
kerajinan tikar lampit rotan kalimantan ialah salah satu industri yang memanfaatkan potensi kekayaan rotan dari hutan Kalimantan yang pemasarannya tidak hanya dipasar lokal, bahkan memiliki nilai jual ekspor yang tinggi.Upaya pengembangan dan perluasan kegiatan industri kerajinan tikar lampit rotan kalimantan yang mengolah hasil hutan menjadi sebuah kerajinan tikar khas tradisional Kalimantan, ditingkatkan dan didorong melalui penanaman modal oleh para pengusaha kerajinan tikar lampit rotan kalimantan .

.Kegiatan eksport kerajinan tikar lampit rotan kalimantan merupakan salah satu sumber devisa untuk Negara. Eksport kerajinan tikar lampit rotan kalimantan selalu meningkat dari tahun ketahun dengan meningkatnya permintaan dan dilakukannya diversifikasi produk yang lebih luas lagi.

4. Fungsi Sosial, Sebagai Sarana Pengembangan SDM
Sebagai sebuah indurtri yang maju, ternyata kerajinan tikar lampit rotan kalimantan banyak memberikan sumbangsih yang bermanfaat sekali kepada penduduk. Industri kerajinan tikar lampit rotan kalimantan merupakan pengembangan sumber daya manusia yang diarahkan untuk meningkatkan kreativitas, produktivitas, nilai tambah, daya saing, kewiraswastaan, dan kualitas tenaga kerja, antara lain melalui kegiatan pembimbingan kepada usaha rakyat, pendidikan, dan pelatihan yang tepat dan efektif, serta peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dalam pemanfaatan rotan menjadi sebuah karya seni oleh Dinas Koperasi, UKM,Perindustrian & Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Utara .

Pemerintah Daerah Kota amuntai sangat perhatian terhadap industry rotan ini dengan menyediakan satu Unit Layanan ,yaitu Unit Pelayanan Teknis Industri Rotan yang selalu siap membantu penduduk/pelaku industry rotan seperti Konsultasi teknis dan produksi, motivasi, promosi, bahan baku, desain dan sebagainya.

Dengan terlaksananya proses pengembangan SDM dengan baik dan terarah, maka secara tidak langsung keberadaan industri kerajinan tikar lampit rotan kalimantan turut serta dalam mengurangi angka pengangguran dengan memberikan kesempatan bekerja kepada penduduk, dan juga meningkatkan kualitas SDM menjadi lebih baik.

kerajinan tikar lampit rotan kalimantan banyak digemari oleh pembeli mancanegara, terbukti dari meledaknya permintaan ke negara-negara Asia seperti Jepang dan china. tapi, di balik meledaknya permintaan ekspor ke Negara Asia tersebut, ternyata masih banyak penduduk Indonesia bahkan penduduk Kalimantan sendiri yang kurang tau tentang keberadaan, asal muasal dan cara pengelolah kerajinan tikar lampit rotan kalimantan. Ditambah lagi dengan ketatnya persaingan pasar serta kurangnya perhatian dan pembinaan dari pemerintah membuat banyak usaha rakyat ini gulung kerajinan tikar. Kalau hal ini dibiarkan terus menerus, maka kerajinan kerajinan tikar lampit rotan kalimantan yang menjadi primadona Kalimantan Selatan ini lambat laun akan segera punah.

Maka dari itu perlu adanya kesadaran untuk warga negara Indonesia untuk ikut melestarikan dan menjaga kerajinan warisan turun temurun ini dengan cara menghargai yang diwujudkan dengan penggunaan produk lokal dalam negeri yaitu kerajinan tikar lampit rotan kalimantan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s